Kartu "Octopus", satu untuk semua



Hai! Hari ini saya bersemangat sekali. Pasalnya pagi ini saya tiba-tiba mendapat inspirasi. Setelah semalaman suntuk meredakan pertikaian hati tentang tema yang akan saya usung hari ini, tiba-tiba si 'kartu pintar' ini menggelitik saya. Sebetulnya saya ingin menulis tentang sistem transportasi di Hong Kong. Karena ini berbeda dengan yang kita punya di Indonesia, saya rasa informasi tentang moda transportasi Hong Kong aka menjadi hal yang sangat menarik untuk di simak.

Tapi ada baiknya kita kenali dulu alat pembayaran yang harus kita gunakan untuk menggunakan transportasi umum di Hong Kong. Ada beragam moda transportasi di Hong Kong. Diantaranya adalah MTR (Mass Transit Railway), bus, tram, ferry, minibus dan taksi. Masing-masing memiliki rute dan tarif sendiri-sendiri. Dan disinilah kita akan memerlukan sebuah kartu prabayar yang bernama kartu octopus. Orang Hong Kong sendiri menyebutkan sebagai patadong (bahasa kantonis).

Kartu octopus merupakan kartu prabayar yang bentuk dan ukurannya menyerupai kartu ATM/kartu kredit. Kartu ini sudah mulai menjadi bagian dari warga Hong Kong sejak tahun 1997. Seperti halnya EzLink yang dipunyai warga Singapura, kartu Octopus ini berfungsi alat pembayaran transportasi umum. Cara menggunakannya sangat mudah. Hanya cukup men-tap-kannya pada media pembaca di tempat-tempat yang telah disediakan. Misalnya saat kita akan memasuki MTR, terlebih dahulu kita harus melewati sebuah pintu yang menyediakan media pembaca kartu octopus ini. Nah, disitulah tempatnya kita melakukan transaksi. Atau saat kita akan menaiki tram, bus dan minibus. Media pembaca akan terlihat tepat di sebelah kiri sang sopir. Uniknya, tak perlu repot-repot mengeluarkan kartu itu dari dalam dompet atau tas. Cukup mendekatkan tas/dompet kita, media pembaca dapat mendeteksi keberadaan kartu octopus anda. Tunggulah sampai terdengar bunyi atau tanda kartu telah terbaca. Di sana juga tersedia layar yang akan menunjukkan besarnya tarif serta sisa value yang anda miliki.

Bagi anda yang tak memiliki atau belum memiliki kartu ini, anda juga bisa melakukan pembayaran secara cash. Siapkan coin (uang receh) yang pas untuk membayar biaya perjalanan anda. Tapi ini hanya berlaku untuk bus, tram, minibus. Khusus untuk MTR's journey, dalam kasus ini anda diwajibkan membeli single journey ticket (tiket sekali jalan) di mesin-mesin khusus yang ada di stasiun MTR. Lalu bagaimana dengan taksi? Bisakah kita gunakan kartu octopus? 

Ada berita menyenangkan untuk warga Hong Kong belum lama ini. Tentang taksi yang menerima pembayaran dengan menggunakan kartu octopus. Sebelumnya perusahaan yang menangani penerbitan kartu octopus, Octopus Card Limited melakukan survey. Itu terjadi sekitar Juli tahun 2010. Survey itu mengarah besar tidaknya keinginan warga menggunakan kartu octopus untuk membayar taksi. Hasilnya 90% participants menjawab "perlu".

Berdasarkan hasil survey itu, maka sekarang ini beberapa taxi sudah dilengkapi media pembaca kartu octopus. Tentunya jumlahnya sangat terbatas. Dan itu hanya berlaku Kowloon dan Hong Kong Island. Lantas dimanakah kita bisa mendapatkan/membeli kartu ini? Dan berapa pula harganya?

Kartu Octopus dapat kita beli di terminal kedatangan bandara Hong Kong. Yaitu di konter Airport Express Costumer Service. Selain itu kita bisa juga membelinya di pusat layanan pelanggan di stasiun MTR, terminal bus dan terminal kapal feri. 

Harga kartu octopus dibedakan menurut usia pemakainya. Untuk dewasa kartu tersebut dijual seharga HK$150 dengan perincian deposit sebesar 50 dan nilai pemakaian 100. Berbeda lagi dengan anak-anak (usia3-11 th. ) dan lansia (usia diatas 60 th. ) harganya lebih murah yakni HK70. 50 untuk deposit dan sisanya 20 bisa digunakan. Oya khusus anak-anak dan lansia mereka hanya dibebani harga separuh saja dari tarif yang berlaku untuk orang dewasa. Inilah bukti betapa pemerintah Hong Kong sangat peduli dan perhatian terhadap warganya. Terutama anak-anak dan orang lanjut usia. Saluuuuttt!

Cara mengisi ulangnya pun sangat mudah. Selain di costumer service, kita bisa melakukannya di beberapa convenience store seperti "Sevel"dan Circle K. Supermarket Park 'n Shop dan Wellcome. Bahkan kita juga bisa memanfaatkan bakery shop serta fast food restaurant seperti Mc. Donald, KFC untuk melakukan transaksi ini. Sangat mudah dan nyaman bukan?

Keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dengan memiliki kartu ini, kita bisa menggunakannya untuk berbelanja dan membeli makanan ringan di berbagai toko dan supermarket. Jadi kita tak perlu bingung senadainya kita tak ada uang cash di dalam dompet. Wah benar-benar satu untuk semua ya?

Bagi traveller yang hanya singgah beberapa hari saja di Hong Kong dan tak ingin menyimpan kartu ini, anda bisa mengembalikannya di pusat layanan stasiun MTR. Sisa nilai (termasuk deposit) bisa anda tarik kembali. Jadi tak ada istilah rugi di sini. 

Dan mulai 18 Juni sampai dengan 30 Desember 2012, The MTR Corporation Limited memberlakukan promo menarik. "Ride 10 Get 1 Free". Yakni 10 kali perjalanan MTR dengan menggunakan kartu octopus akan mendapatkan 1 Free Single Journey Ticket. Ini berlaku untuk dewasa, anak-anak dan lansia.  



Nah, sangat menarik bukan melakukan perjalanan di Hong Kong? Mudah, aman dan nyaman. Dan tentunya harganya tak begitu mahal. Okay, saya tunggu kedatangan anda di sini. :)



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sisi Mistik dari Bride's Pool si Air Terjun Pengantin

Berburu Jejak Bintang di Avenue of Stars